Kamis, 16 Februari 2012

Korban Broken Home by Nur Hayati

“Na, kamu kenapa nangis?” tanya Nanda saat meliat Nana menangis di depan kelas sendirian waktu jam istirahat. “Na, kok diem aja sih?cerita sama aku Na” tanya Nanda lagi, “a..aku, engga kenapa-kenapa Nan” jawab Nana sambil menangis, “kalo gak kenapa- kenapa kok kamu nangis, sendirian pula di depan kelas gak gabung sama temen-temen yang dikelas?” tanpa menjawab Nana langsung memeluk Nanda, tangisannya pun semakin jadi “aku di musuhin temen sekelas nan, engga tau aku salah apa, Lidya yang suruh anak-anak buat jauhin aku” kata Nana. Lidya adalah anak korban broken home, tidak tahu kenapa, mungkin dia bandel gara-gara masalah dirumah yang bisa bikin dia stress dan brutal, anaknya bandel sekali di sekolah, jangankan di sekolah, di luar sekolah dia lebih bandel lagi. “Lidya lagi?itu anak kenapa lagi sih, ada aja masalahnya, udah kamu jangan nangis na, gak enak diliatin kakak kelas sama temen-temen yang lain, kita bilang ke guru aja biar lidya di tegur” jawab Nanda dengan kesal, “tapi nan nanti lidya..”, “udah lah kamu gak usah takut sama dia, sama-sama manusia, sama-sama makan nasi juga” Nana pun berenti menangis. “udah yuk ke kantor guru aja sekarang” sambil menarik tangan Nana. Sesampainya di kantor guru, “Bu Ema!!” seru Nanda, “iya ada apa nak, loh na kamu kenapa nangis?” tanya Bu Ema. “masalah Lidya lagi bu, anak kelas 74 yang suka cari gara-gara itu, sekarang dia nyuruh anak-anak sekelas buat jauhin Nana, makanya dia nangis” jawab Nanda kesal, “itu anak kenapa lagi sih, ada aja tingkahnya, udah Na kamu jangan nangis biar ibu yang bilangin Lidya” kata Bu Ema sambil memberikan Nana tissue. “bu kenapa sih Lidya kayanya jahat banget, dia musuhin orang tapi alesannya gak jelas” tanya nanda, dan bu ema pun menjawab “dia memang susah dinasehatin nan, coba kamu panggil dia ke sini sekarang, bilang Bu Ema yang panggil dia, jangan bolehin temen-temennya ikut ya” perintah Bu Ema. Tanpa menjawab Nanda pun langsung pergi ke kelas Lidya. “woy Lidya!!lo dipanggil tuh sama Bu Ema, katanya disuruh sekarang, sendiri ya jangan ajak temen kata Bu ema, ditunggu dikantor guru” teriak Nanda dari depan pintu kelas 74, “emangnya ada apa Nan?kok tiba2-tiba Bu Ema manggil gue?” tanya lidya, “udah lah gak usah banyak cincong, cepetan” jawab Nanda sambil menarik tangan Lidya. Tiba-tiba muka Lidya panik, dia bingung kenapa dia di panggil ke kantor guru, “Nan ada apa sih, kok tadi lo ngomongnya gitu, ada apa” tanya Lidya bingung. Nanda tidak mau menjawab. Ketika di kantor guru “bu ini Lidya” kata Nanda, “Lidya sini kamu!” seru Bu Ema yang sedang menenangkan Nana. Lidya melihat Nana di dekat Bu Ema, dan emosinya naik, “oh!lo ngadu ya ke Bu Ema kalo lagi dimusuhin sama gue” kata Lidya kesal, “diam kamu Lidya!sudah di depan Bu Ema kamu masih berani ya bicara seperti itu ke Nana, kamu yang salah” bentak Bu Ema. Lidya pun langsung diam tak berkutik lagi, di kantor guru Lidya dinasehati oleh Bu Ema kalau perlakuan seperti itu tidak baik. Kalaupun memang Lidya kesal dengan nana tidak harus di musuhin, bisa diselesaikan masalahnya baik-baik. Tidak lama-lama dinasehati, Bu Ema pun menyuruh Lidya untuk minta maaf ke Nana atas perbuatannya yang tidak terpuji itu. “sudah Lidya, sekarang kamu minta maaf ke Nana, dan janji sama ibu tidak akan seperti ini lagi, kamu tau?ibu tidak suka, mengerti?” kata Bu Ema, Lidya hanya menggangguk. Tiba-tiba dia menangis dan langsung meminta maaf ke Nana “na maafin gue ya, gue salah, terlalu berlebihan sampe musuhin lo, bener kata Bu Ema gak mesti harus dimusuhin” ucap Lidya, “iya Lid, engga kenapa-kenapa kok, gue juga udah maafin lo, lain kali kalo lo kesel atau gak suka sama gue, bilang aja, jujur sama gue, gue juga nanti bakal ngerti kok” jawab Nana. Akhirnya masalah selesai, dan teman-teman bermain dengan Nana lagi. Dua hari kemudian, hari Senin, saat jam istirahat Nanda ke kelas Nana untuk melihat keadaan dia di kelas seperti apa, ternyata sudah bagus, Lidya sudah berteman lagi dengan Nana. Melihat seperti itu Nanda senang, dan Nanda pun langsung pergi ke kantin. Saat pulang sekolah Nana pulang dengan Nanda, Nana pulang di jemput dengan supirnya sementara Nanda ikut bareng dengan Nana. Sebenarnya Nanda pulang naik angkot< tapi dia di ajak ikut dengan Nana. Di perjalanan pulang menuju rumah Nanda, mereka mengobrol, “eh Na, tadi Lidya ngobrol-ngobrol ya sama kamu?ngobroloin apa deh hahaha sampe ketawa-ketawa gitu, dia ngelawak?bisa dia ngelawak?hahaha” ucap Nanda sambil tertawa, “hahaha Lidya engga ngelawak Nan, aku ketawa gara-gara aneh aja” jawab Nana. Nanda bingung dengan jawaban Nana, “ha?aneh kenapa lagi dia?aku gak ngerti maksud kamu aneh gimananya” tanya Nanda, dan Nana pun menjawab “gini loh Na, kamu tau kan kalo Lidya itu heboh banget sama yang namanya cowo?masa dia cerita ke aku tentang cowonya, gak cuma cowonya sih anak cowo yang ngedeketin dia juga di certain, serem deh, soalnya cowo dia jauh banget engga deket, dan umurnya juga seumuran anak SMA lah” cerita Nana, “cerita itu lagi?hahaha aku udah capek dengernya Na, aku udah tau sikapnya dia dari dulu kaya gimana, anaknya emang gitu susah buat dibilangin, orang gak kenal aja dia mau di deketin, kamu hati-hati aja kalo deket sama dia ya Na” nasehat Nanda, “aku baru tau Nan kalo dia kaya gitu, abisnya aku juga baru-baru ini deket sama Lidya, jadi kaget aja dia cerita tentang cowo” kata Nana. Ya, Lidya, dia adalah anak perempuan paling bandel di sekolah, kadang abis pulang sekolah tidak langsung pulang ke rumah, tapi malah keluyuran dulu main sama temannya, dan sampai di rumah bisa malam sekali, sampai guru yang deket sama Lidya bingung mencari Lidya, sampai semua teman dekatnya di hubungi , dan tidak ada yang tahu keberadaan Lidya. Dia di sekolah di juluki “the trouble maker” si pembuat masalah, katanya kalau berteman sama dia bisa dapet sesat, anaknya bandel sekali soalnya, sering di panggil guru, dan sikapnya pun tidak pernah berubah. Tak lama, akhirnya mereka pun sampai di rumah Nanda, “Nan, kamu dirumah cuma sama mbak kamu aja kan?boleh gak aku main dulu sebentar?aku bosen dirumah, sendirian gak ada siapa-siapa, mama papa ku pulang malem” pinta Nana, “boleh aja lah…daripada kamu sendirian dirumah, mending main dulu ngobrol-ngobrol di rumah aku, sebentar lagi adekku juga pulang” jawab Nanda, “asik deh, kalo mainnya sampe malem gimana Nan?minta makan ya hehehe” canda Nana, “hahaha ayo deh tenang aja kalo sama aku Na, nanti jajan deh apa gitu cemilan buat nemenin kita ngobrol, oh ya kalo kamu mau main game aku ada NDS kok, boleh pinjem, bwa pulang juga gak kenapa-kenapa” balas Nanda dengan bercanda. Setelah itu mereka masuk. “eh Nan” sapa Nana, “ha?” tanya Nanda, “Lidya bisa berubah gak sih?kira-kira kita bisa gak ngerubah dia?” tanya Nana, “gak bakal Na, dia anaknya susah banget dibilangin, kalo di kritik dikit dia pasti bakal marah, kalo di nasehatin sama temen aja dia gak boleh gini gitu pasti dia langsung bête Na, percaya deh sama aku, dia itu bandel gila-gilaan kaya gitu karna masalah dirumah, ortunya agak renggang, hubungan keluarga dirumah engga harmonis, keras kan?” jelas Nanda. Nana tidak menjawab penjelasan itu, dia berfikir, ternyata gak semua orang itu dorongan dari keluarganya baik, beruntung kalau yang orang tuanya akur, tidak ada masalah dirumah atau “home sweet home”. “untung kita engga kaya Lidya ya, beruntung deh, thanks god!” ucap Nana. Nanda tidak menjawab, dia hanya tersenyum dan mengangguk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar