Rabu, 15 Februari 2012

Arti Persahabatan by Dian Pertiwi

Bagiku arti persahabatan adalah teman bermain dan bergembira. Aku juga sering berdebat saat berbeda pendapat. Anehnya, semakin besar perbedaan itu, aku semakin suka. Aku memiliki 4 orang sahabat namanya Niki Yuniarti, Adinda Viola, Nasti Anak Eka Pratiwi dan Desidaria Eka IStiqomah . Sahabatku yang paling pertama aku kenal adalah Desidaria Eka Istiqomah dia anaknya pintar,rajin,baik,dan pandai bergaul aku kenal sama dia waktu aku masih kecil,kebetulan dia tetangga aku satu RT,tetapi waktu dia TK dia pindah rumah ke RT 10 dulu rumah aku di RT 5,tetap main bareng sih bergantian kadang-kadang aku ke rumahnya dan kadang-kadang juga dia ke rumahku,nah waktu SD kita satu SD loh,nah dari situ dia kenal dengan sahabatku yang lainnya. Sahabatku yang kedua namanya Nasti Anar Eka Pratiwi aku udah lama kenal sama dia,dia temen TK aku,aku sekelas sama dia dari TK nol kecil,sampai kelas 5 SD pun kita masih sekelas,tetapi waktu kelas 6 kita udah beda kelas,apa lagi sekarang kita udah beda sekolah,tapi tetep main bareng. Dia anaknya baik banget, sabar, pintar, suaranya bagus, rajin banget, cantik, pandai bergaul .Hobi kita sama loh sama-sama suka bernyanyi waktu kelas 5 SD kita sering banget ikut lomba paduan suara,dan wakyu itu kita juga diriin vocal group yang bernama DINNOICEZ,pengalaman yang mengesankan banget waktu itu,kita sering latihan bareng waktu waktu istirahat sekolah,kumpul bareng dan nyanyi bareng,lagu yang paling kita sering nyanyiin itu lagunya Sherina Munaf yang “Lihatlah Lebih Dekat” dan lagu yang di bawain sama finalis AFI Junior judulnya “Terima Kasih Guruku”. Sahabatku yang ke tiga namanya Niki Yuniarti aku kenal sama dia waktu aku SD kelas satu kebetulan waktu itu aku di kenalin sama sahabat aku yang namanya Nasti,sahabat aku yang namanya Niki ini orangnya baik,pintar,pandai berteman. Dulu waktu SD kita pernah loh suka sama cowo yang sama tapi waktu itu kita engga berantem,kita tetep kompak,engga pernah ada yang namanya persaingan,kita sama-sama mengagumi cowo itu. Lucu kalo inget waktu itu sering merhatiin cowo itu bareng,merasa terbang karena pas-pasan muka sama cowo itu bareng,konyol deh rasanya. Sahabatku yang ke empat namanya Adinda Viola,aku kenal sama dia waktu aku kelas 5 SD,dia anak pindahan dari Jakarta.Dia anaknya baik,asik,lucu,pandai bergaul,saking pandai bergaulnya kita engga susah untuk beradaptasi megenal satu sama lain,dia anaknya enak buat di ajak curhat,dia bisa ngasih aku solusi,dan ngebantu banget deh. Beruntungnya aku punya sahabat seperti mereka-mereka yang bisa memahami keadaan satu sama lain,saling membantu,saling tukar pikiran,saling menasehati,dan lain-lain. Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah. Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi,demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya. Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur-disakiti, diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian. Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman,tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah. Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya,karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis. Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati,namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya. Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya Ia memberanikan diri menegur apa adanya. Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, tetapi justru ia beriinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya Sahabat sejati itu punya cirri-ciri yaitu selalu ada disaat kita membutuhkan, selalu setia baik susah mapun senang, menghibur dikala sedih,menolong di kala susah,selalu memberikan yang terbaik untuk temannya,tidak pernah mengharapkan imbalan,saling berbagi dan saling memberi,selalu member dukungan,tidak saling meninggalkan,tidak berkhianat. Kita akan selalu menjaga persahabatan kita sampai kapanpun. Walaupun banyak perbedaan diantara kita, bukan menjadikan persahabatan kita akan rusak. Perbedaan akan kita jadikan suatu pelengkap buat persahabatan kita dan menutupi kekurangan masing-masing. Bagi sebagian orang persahabatan sangat sulit dipertahankan karena didalam suatu persahabatan sangat banyak perbedaan, sangat sulit menyatukan perbedaan dan menghargai perbedaan diantara sahabat-sahabat kita. Namun bagi kita sebuah perbedaan adalah hal yang unik bagi kita, karena perbedaan itu membuat kita untuk saling menghargai, menyayangi dan tidak egois dalam kehidupan. Aku sangat senang mempunyai sahabat yang sangat mengerti aku. Sahabat yang selalu ada bukan disaat aku bahagia namun mereka selalu ada saat aku butuh mereka. Ketika aku bersedih dan menangis, sahabat-sahabat aku selalu bersedia meluangkan waktunya untuk menghibur dan mendengarkan keluh kesahku dan ketika aku bahagia aku juga tak segan untuk membaginya pada sahabat-sahabatku. Bagi kita persahabatan adalah segala-galanya dan harus dipertahankan. Persahabatan ibarat keluarga bagi kita, keluarga yang akan mau mendengar keluh kesah anggota keluarga yang lain ketika anggotanya ada yang bersedih, berbagi tawa ceria ketika bahagia, saling menghargai perbedaan pendapat satu sama lain dan tidak saling menutup-nutupi kejelekan satu sama lain. Saling memberi masukkan agar kita dapat menjadi lebih baik, tidak menyakiti dan tidak merugikan satu sama lain adalah prinsip persahabatan kita. Sahabat-sahabat aku tak pernah mengeluh ketika aku ingin selalu didengar walaupun aku tahu menjadi seorang pendengar itu sangat sulit. Menjaga persahabatan itu sama halnya seperti metamorphosis kepompong menjadi kupu-kupu yang cantik. Kepompong akan mengalami tahapan yang sulit ketika akan menjadi kuppu-kupu cantik, harus bertahan dari cuaca maupun gangguan lain dari makhluk hidup lain sama halnya dengan persahabatan yang harus dapat dipertahankan walau banyak perbedaan diantara kita. Kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu cantik ketika kepompong sanggup bertahan dari semua gangguan yang mengancamnya begitu juga dengan persahabatan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar